Friday 16 November 2012

Mengatasi Masalah Pada PHP Dan MySQL Yang Tidak Terkoneksi

Saya sudah membuat database menggunakan phpMyAdmin, tapi kenapa sewaktu uji coba koneksi malah tertulis kode2nya saja ?!
Kenapa ketika saya ingin mengkoneksikan database,selalu muncul database not selected ?! Saya menggunakan PHP My Admin !

Kedua pertanyaan di atas sering kita dengar bila seseorang mengalami kesulitan dalam menggunakan PHP dan MySQL. Kali ini saya ingin menjelaskannya.

Membuka dan Menutup Koneksi MySQL

Untuk melakukan koneksi ke MySQL gunakan perintah berikut :

mysql_connect(nama_host, nama_user, password)

atau

$var_koneksi = mysql_connect(nama_host, nama_user, password)

dan untuk menutup koneksi kita gunakan :

mysql_close()

atau

mysql_close($var_koneksi)
 Perintah di atas adalah perintah utama untuk membuka dan menutup koneksi pada MySQL.

Ikuti langkah-langkah saya dalam menguji koneksi :
  • Buka Notepadd++ untuk menuliskan kode berikut ini : 
<?php
        error_reporting(0);
        $koneksi = mysql_connect("localhost","root","") or die("Koneksi Gagal !" . mysql_error());
        if($koneksi) echo "Koneksi Berhasil";
        mysql_close($koneksi);
?>
  • Simpan file dengan format .php dan letakkan pada folder xampp/htdocs.
  • Kemudian buka browser dan ketik alamat berikut : http://localhost/"namafile".php 
  • Berikut adalah screenshot dari halaman php tersebut jika koneksi berhasil atau gagal.

No comments:

Post a Comment