Wednesday 17 April 2013

Chapter 2 - Variabel



Dasar dari pemprograman php yang berikutnya adalah bagaimana cara mendeklarasikan suatu variable dan bagaimana mengunakanya. Variable merupakan  sesuatu atau karakter tertentu  yang dapat merepresentasikan sebuah nilai.

Untuk lebih jelas mengenai variable, perhatikan contoh file php dibawah ini :
<?php $var1 = "Programer note"; print $var1; print $var2; $var2 = 12345?>

Perintah pertama merupakan perintah untuk memberikan nilai pada variable $var1. Dimana nilai yang diberikan pada variable tersebut adalah "Programer note". Perhatikan pengunaan tanda petik dua. Karena variable ini bertype string, atau nilai yang akan diberikan padanya bertype string, maka dalam penulisan nilai (value) harus diawali dan diakhiri dengan tanda petik double. (""). Untuk variable ke dua, yaitu $var2, merupakan variable bertype integer. Pada php, kita tidak perlu mendeklarasikan type variable seperti layaknya bahasa pemprograman java dan yang lainya. Karena secara otomatis php akan memeriksa type dari variabel berdasarkan nilai yang diberikan pada variable tersebut.

Perintah-perintah yang berada dibawan sintak variable, merupakan sintak untuk menampilkan suatu pesan. Anda dapat pula menampilkan pesan dengan lebih dari satu variable, dengan menambahkan karakter titik (.) diantara kedua variable tersebut. Sebagai contoh perhatikan file php dibawah ini :


<?php
$var1 = "Programer Note";
$var2 = 12345;
var2; print "<br>";
print $var1 . $print $var1. " " . $var2;
mor vavorit saya
print "<br>"; print "N oadalah $var2";
?>


File php diatas akan menghasilkanlima buah baris. Dimana baris ke dua dan ke empat akan menghasilkan sintak html. Untuk baris pertama, akan menampilkan valu dari $var1 dan $var2 tampa spasi. Sedangkan baris ketiga akan menampilkan gabungan kedua variable namun dipisahkan oleh spasi. Dan baris terakhir akan menampilkan karakter yang terdapat diantara tanda petik beserta value dari variable $var2. Berikut hasil output dari file php diatas :


Program Note12345
Program Note 12345
Nomor vavorit saya adalah 12345


Hal-hal yang perlu diperhatikan saat anda mengunakan variable :
> Case sensitive ( hurup besar kecil adalah beda).
> Selalu diawali dengan tanda dolar ($).
> Nama karakter harus diawali oleh huruf atau sebauh underscore, tidak boleh diawali dengan angka ataupun karakter lain.


No comments:

Post a Comment