Tuesday 16 April 2013

TUTORIAL PHP


TUTORIAL WEB PROGRAMMING

Perkenalkan nama saya Dheeka dan disini saya ingin membagi ilmu saya dalam membuat web programming menggunakan PHP. Sebenarnya ada banyak bahasa dalam web programming,secara garis besar terbagi menjadi dua yaitu Client Side dan Server Side seperti gambar berikut :

                                                                                  SERVER SIDE

Penjelasan :
Disini anda sebagai Client / user yang sedang membuka sebuah browser dan mengirimkan request berupa HTTP Request. Untuk server disini kita gunakan Apache / IIS dari Microsoft. Request yang server terima akan masuk ke dalam database. Lalu dapat diambil menggunakan PHP.
Untuk pemrograman web server tidak hanya menggunakan PHP tapi bisa juga menggunakan ASP.NET,dsb. Setelah data diambil dari database,data dialihkan ke web server mengirimkan koding berupa HTML,image,css,atau javascript dan dapat dibuka pada browser.


PHP Berdiri pada bagian Server Side sedangkan pada Client Side HTML,CSS,dan Javascript. Dengan menggunakan PHP anda bisa membuat website yang dinamis yang bisa berubah-berubah. Nanti saya akan memberikan tutorial menggunakan PHP disertai trik dan tipsnya lalu kita akan belajar membuat website.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN PHP :
- Cross Platform : Dapat digunakan pada berbagai macam OS seperti Windows, Linux, dan MacOS
- Codeless : Penggunaan Code pada PHP lebih sedikit daripada pemrograman lainnya,seperti pada pembuatan variabel,program lainnya harus menulisnya secara lengkap tapi di PHP hanya menggunakan fungsi maka variabel tersebut akan dipanggil.

- Dukungan pada pembuatan database : PHP mendukung sekian banyak database seperti MySQL, Oracle Server, Postgre,dll.

No comments:

Post a Comment