Thursday 8 November 2012

[BAB 1] Mempersiapkan Database Server

Sebelum masuk ke tahap pemrograman, kita harus mempersiapkan tempat untuk menampung data di server, data tersebut nantinya akan di proses oleh program yang kita buat pada tahap pemrograman,baik proses penambahan,pengeditan,penghapusan,dan menampilkan database ke halaman web.

Tempat untuk menampung data disebut dengan DATABASE yang terdiri dari tabel-tabel yang akan kita buat menggunakan program MySQL. Untuk lebih jelasnya,langsung saja kita praktekkan.

1.1 Login ke Server MySQL

1. Setelah XAMPP terinstal dengan sukses, buka Start Menu -> Accessories -> Command Prompt atau kalau menggunakan Windows7 tinggal tekan Windows dan tuliskan CMD.
2. Setelah cmd terbuka,gunakan perintah untuk pindah ke direktory seperti ini :
3. Tuliskan mysql -u root -p dan masukkan passwordnya "root"


Bila berhasil,maka tampilannya akan seperti gambar di atas. Untuk username dan password mysql bisa ditentukan sendiri oleh anda di phpmyadmin nya.

4. Membuat Database
Untuk membuat database gunakan perintah : create database nama_database;
Sebagai contoh kita akan membuat database dengan nama "artikel". Dan gunakan perintah show databases untuk melihat daftar database yang ada pada mysql seperti gambar dibawah ini :

5. Membuat tabel
Pembuatan tabel ditujukan untuk membuat informasi yang ada pada database tersebut. Perintah dasarnya adalah : create table nama_tabel(nama_field1  tipe_data_field1; nama field2 tipe_data_field2; dan seterusnya );

Sebelum membuat tabel, kita harus memilih database yang akan dijadikan tempat menampung tabel-tabel, untuk memilih sebuah database gunakan perintah : use nama_database;

Sebagai contoh kita membuat tabel dengan nama "kategori" seperti gambar dibawah ini :

Untuk melihat tabel yang sudah dibuat gunakan perintah show tables;

6. Membuat tabel berita
Tabel berikutnya yang akan dibuat adalah tabel berita yang berisikan informasi tentang sebuah artikel sehingga tabel akan terdiri dari beberapa field. Tuliskan perintah dalam membuat tabel berita seperti gambar berikut ini :

7. Membuat tabel anggota
Tabel terakhir yang akan dibuat adalah tabel anggota yang berfungsi untuk menampung informasi user yang terdaftar sebagai anggota situs. Tuliskan perintahnya seperti gambar berikut ini :

Khusus untuk tabel anggota, kita akan mengisikan data seorang sysadmin. Sysadmin adalah orang yang bertanggung jawab atas kehidupan suatu situs. Perjanjiannya sysadmin diberi level 1 sedangkan user biasa diberi level 2. Tuliskan perintahnya seperti gambar berikut ini :


Gambar diatas menunjukkan bahwa user adminnya adalah admin dan passwordnya 170189,levelnya 1 dan emailnya dheeka.holic17@gmail.com. Anda bisa mengisi info adminnya sesuai dengan keinginan anda sendiri.
Untuk menampilkan data pada tabel anggota gunakan perintah select * from anggota;


Selamat belajar....nanti kita akan lanjut lagi ^_^







     
     

No comments:

Post a Comment