Thursday 8 November 2012

Bagaimana cara membuat blog ?!

Hal pertama kali bila anda ingin menjadi seorang blogger adalah membuat blog terlebih dahulu, tapi bagaimana ya caranya membuat blog?! Nah...disini saya akan membahas cara membuat blog.

Untuk sebagian orang, blog/website mungkin sudah tidak asing lagi bahkan ada yang sudah mengembangkan nya menjadi sebuah bisnis. lalu bagi seorang blogger ahli, membuat sebuah blog adalah sesuatu yang gampang dan spele, tidak begitu dipermasalahkan bahkan sangat gampang. namun, apakah itu berlaku juga bagi seorang pemula ? tentu saja tidak.

Bagi seorang blogger pemula, membuat sebuah blog pasti adalah sesuatu pekerjaan yang rumit dan sangat membingungkan. akan tetapi, semua itu tidaklah terlalu sulit apabila kita tahu dan mengerti cara membuat sebuah blog.
Nah, pada postingan kali ini saya akan menjelaskan  secara detail mengenai cara membuat sebuah blog, tidak akan membingungkan asalkan kita mempunyai niat dan tekad yang kuat. 
Baiklah berikut ini penjelasannya :

 

PENGERTIAN BLOG
Blog merupakan sebuah istilah yang sedang populer di era seperti sekarang ini, terutama pada kalangan remaja dan orang dewasa. apabila kita menanyakan makna dari kata blog tersebut kepada orang lain pasti akan melahirkan makna yang berbeda-beda tergantung dengan orang tersebut. namun sebelum mebuat sebuah blog, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa makna sebenarnya dari kata blog tersebut.
Kata blog sebenarnya berasal dari kata "web" dan "log" yang berarti bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Nah, itu saja pengertian singkat mengenai blog.
TEMPAT LAYANAN BLOGGING
Sebenarnya ada banyak sekali web hosting blogging di dunia ini yang menyediakan tempat untuk seseorang membuat blog. namun, hanya ada dua tempat layanan blogging yang banyak di gemari dan telah diakui kehebatannya oleh para blogger di seluruh dunia yaitu blogger (layanan hosting milik google) dan wordpresss. namun, pada artikel ini saya hanya membahas tentang cara membuat blog di blogger.
CARA MEMBUAT BLOG
  • Pertama, kamu harus mempunyai email / akun email terlebih dahulu, tetapi jika kamu sudah mempunyai email, silahkan lanjutkan baca artikel ini.
  • Untuk membuat blog di blogger kamu harus mengunjungi www.blogger.com. setelah itu cari pilihan Sign Up atau Get Started lalu klik pilihan tersebut.
  • Kedua, setelah tombol sign up di klik, nanti akan muncul aplikasi pendaftaran pembuatan akun google. Isikan sesuai dengan yang anda inginkan. 
  • Ketiga,verifikasi email anda sehingga email anda menjadi aktif dan bisa digunakan untuk membuat akun blogger.
  • Keempat, kamu akan masuk ke halaman utama Dashboard blogger. Di dashboard ini kamu bisa membuat blog, menulis posting, mengatur tema dan lain-lain.  Untuk membuat blog pertama kali klik tombol Blog Baru.
  • Kelima,Setelah tombol blog baru diklik, akan muncul  jendela pembuatan blog.  Pada bagian Judul isi  Judul blog kamu, pada bagian Alamat isi dengan alamat blog yang kamu inginkan. Pada template, pilih salah satu template yang kamu inginkan.  Kemudian klik tombol buat blog. 
SELAMAT !! BLOG KAMU SUDAH DIBUAT ^_^

Apabila penjelasan saya di atas membingungkan dan masih ada yang kurang jelas, kamu boleh memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat di bawah artikel ini yah. saya tunggu komentar kamu....

1 comment:

  1. kepada teman blogger..
    kami dari ads.kunbero.com menawarkan anda untuk mendaftar menjadi publisher kami...
    ads.kunbero.com adalah program PPC terbaru di indonesia...
    PPC adalah program periklanan dimana sebagai blogger anda akan mendapatkan uang dari iklan yang anda pasang..
    untuk lebih jelasnya langsung saja ke ads.kunbero.com dan mendaftar menjadi publisher kami...
    terima kasih

    ReplyDelete